Rabu, 25 September 2013

Katakan yang baik, atau diam


Alkisah tentang si fulan yang kemudian di jauhi temen-temannya lantaran too much speak (benar ga sih penulisannya?), padahal mungkin niat si fulan adalah ingin mencipta banyak kawan. tapi akibatnya dia malah terlihat menjengkelkan dimata teman-temannya.
Suatu hari teman-temannya bercerita suka banget dengan dengan Inuyasha, lalu Si Fulan yang pengen nimbrung dengan antusiasme tinggi berkisah bahwa dia punya CD film inuyasha lengkap sampai tamat di rumahnya. Lalu teman-temannya yang penasaran banget pengen liat film inuyasha ini, ke rumahnya si Fulan.
Dengan mimik kecewa, si Fulan bilang "Wah maaf teman, CDnya lagi di pinjem sepupu aku"
Teman-temannya pun maklum.
besok-besoknya teman-teman bertanya lagi,"gimana CD inusyashanya?"
"waah maaf, udah di rusakin ama sepupuku"
lalu teman-temannya pun maklum dan akhirnya melupakannya.

Kejadian pertama, mungkin bisa di maklumi, bisa saja kejadiannya memang demikian CD itu benar2 di rusak sepupunya yang kalap,atau tidak sengaja di rusak.

Namun kejadian berikut, dan berikutnya terus terulang.
Si Fulan bilang punya Bola yang di tanda tangani langsung oleh Zidane, dan saat teman-teman minta bukti dia berkilah. Saat Si Fulan Bilang sudah nonton film A-Z, mengoleksi buku A-Z, mengoleksi Anime A-Z, tapi saat teman-temannya hendak meminjam atau minta bukti, dia berkelit, lupa menyimpanlah, dipinjam orang lain, di gigit tikus, dan sebagainya.
Mungkin saja itu benar, atau mungkin dia hanya punya sebagiannya, tapi si Fulan terlalu menciptakan 'sesuatu' dalam bercerita, hingga akhirnya teman-temannya makin memaklumi, dan kehilangan kepercayaanya pada si Fulan.
dan teman-temannya pun mulai berpikir tentang kejadian di awal bahwa CD inuyasha itu tidak pernah ada.

Dalam sebuah hadis disebutkan : berkatalah yang baik atau diam (HR. Bukhari- Muslim)

Apakah kamu juga punya kawan seperti si Fulan ini?
Jika punya, jangan ragu untuk menegur, jangan takut jika ia tersinggung, ini demi kebaikannya. Teman yang baik itu bukan teman yang mendukung apapun yang dia lakukan sekalipun itu salah. Bukan, tapi yang mengingatkan jika teman salah. Wallahu A'lam



Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? 3.  Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. QS. Al-Shaff: 2-3


Tidak ada komentar:

Curcol dikit

Dulu sebelum kenal instagram , saya nulis statusnya di blog hehehe setelah dipikir-pikir emang nyaman sih nulis status di blog, apalagi u...